Begin typing your search above and press return to search. Press Esc to cancel.

Menghindari Peretasan Akun : Sosial Media, Online Shop, Forum, dll


Facebook, Twitter, Go-Jek, Uber, Bukalapak, Lazada, tak satupun aman jika kamu tak memperhatikan beberapa hal ini!

Pada saat ini sangat banyak toko online dan layanan online yang tersebar, diawali dengan sosial media, akun belanja online dan sebagainya. Di era digital seperti ini tentunya kita juga ingin semua data privasi kita aman tanpa diketahui orang lain. Bahkan saat mendaftar di Facebook, Mark Zuckerberg sekalipun tidak boleh mengetahui kata sandimu. Itulah yang dinamakan privasi, semua orang memilikinya dan tidak sedikit juga yang ingin mencurinya.

stacy.makes.org
Belakangan kita dihebohkan dengan terbobolnya sistem Bukalapak, Tokopedia dan Go-Jek. Namun pihak perusahaan hanya memberikan uang yang terbilang sedikit yaitu sekitar 16 juta rupiah. Kita juga tidak tahu validnya informasi terebut karena saya sendiri hanya mengetahuinya dari salah satu forum ternama Indonesia. Untuk orang awam memang hadiah sebesar itu mungkin bisa terlihat besar, namun bayangkan jika semua data itu disebarluaskan ke masyarakat. Tentunya hal yang tidak terbayangkan akan terjadi, bisa jadi kejadian itu menjadi kebocoran data terbesar Indonesia yang baru.

Selain terbobolnya database sebuah website, beberapa faktor berikut juga memengaruhi keamanan akunmu dimanapun Anda mendaftarkannya.

Kerahasiaan Password

Jangan pernah gunakan kata sandi yang berhubungan erat dengan kehidupanmu sehari-hari. Tentunya hal itu akan membuat kata sandimu mudah ditebak. Jangan juga menggunakan kata sandi yang berhubungan dengan tanggal-tanggal penting. Gunakan password hint yang sangat rahasia layaknya kata sandi itu sendiri. Untuk beberapa kasus, bocornya password hint bisa memicu terbobolnya akunmu. Sebaiknya tidak memberikan kata sandi dan password hint kepada siapapun. Jika diperlukan, sebaiknya menyeleksi orangnya terlebih dahulu.

Untuk komputer Publik

Pastikan jangan ada orang lain disekitar Anda saat memasukkan kata sandi, bukan masalah jika Anda dapat mengetikkannya dengan cepat. Tidak ada salahnya jika membuka dulu Data :C dan masuk ke Program Files untuk memastikan ada atau tidaknya program berbahaya seperti Keylogger. Keylogger sendiri berfungsi untuk merekam segala aktivitas keyboard dengan baik kemudian mengirimkannya hasilnya ke email pemasang, ada juga yang dapat dilihat hasilnya secara manual yaitu membuka di komputer itu sendiri.

Jangan mengaktifkan atau menyetujui Simpan Password pada peramban atau browser. Saat menyetujui fitur tersebut, browser akan menyimpan password Anda untuk keperluan autofill. Yaitu otomatis mengisikan password saat Anda mencoba login kembali. Tentunya tidak bisa dianggap remeh, di Firefox atau di Chrome, seseorang dapat melakukan Inspect Element untuk mengetahui kata sandi Anda.

Jangan gunakan password yang sama untuk banyak akun


Misalnya tanpa sengaja kata sandi salah satu akun Anda bocor, tentunya akan berdampak ke akun lainnya bukan? Maka sebaiknya gunakan password yang mirip-mirip saja, mungkin dengan mengacak posisi angka tertentu pada kombinasi password.

Hanya gunakan layanan online terpercaya

Banyak sekali pihak yang menginginkan informasi pribadi Anda, tentunya dengan banyak cara pula. Misalnya membangun website tertentu dengan konten yang menarik perhatian Anda. Saat melakukan registrasi, bisa saja website itu telah dipasangi semacam log yang merekam karakter yang Anda masukkan.

Selalu perhatikan alamat website

Cara ini sering disebut dengan phising yaitu membangun website yang sangat mirip dengan website lainnya. Pada saat Anda memasuki website tiruan tersebut, sangat besar kemungkinan Anda tidak menyadari akan masuk ke lubang buaya, mengirimkan data Anda kepada orang lain yang tentunya sangat tidak di inginkan oleh siapapun.

Gunakan kombinasi karakter yang rumit

Setidaknya ini adalah cara yang paling dan sangat dianjurkan oleh banyak website sebagai pertahanan terdepan dan utama. Banyak sekali orang yang menggunakan kombinasi yang buruk dan tentunya mudah ditebak. Selain mempersulit dalam menebak, kata sandi semacam ini juga akan membingungkan software penebak.


*


Sedikit cara di atas sudah bisa dibilang efektif, tinggal cara mengimplementasikannya. Akan lebih baik hasilnya ketika semua cara dikolaborasikan dan digunakan dalam waktu yang bersamaan. Lagi-lagi, saya bukan pakar, tetapi cara di atas memang terbukti dan tidaklah sulit untuk dilakukan. Terimakasih telah menyempatkan membaca artikel sederhana ini, semoga berjumapa lagi di lain kesempatan.